Header Ads

Makna Kroncong Protol

Pernahkah anda mendengar lagu dari Bondan feat Fade2black dengan judul Kroncong protol ?  ya, lagunya memang gabungan antara lagu kroncong dengan pop dan rock. Sebenarnya, apa sih maksud dari lagu itu ? dan apa hubungannya dengan tema go global with culture ?

Jika dilihat dari judulnya, kroncong protol mempunyai arti dalam bahasa jawa, yaitu keroncong patah. Maksudnya musik keroncong yang tidak utuh. Mungkin itu hanya sebuah judul lagu yang hanya dibuat-buat. Namun jika kita cermati dan hubungkan dengan keadaan sekarang ini di era globalisasi, memang budaya kroncong mulai sedikit di tinggalkan. Popularitas menurun karena sedikitnya peminat. Apalagi setelah ditinggal wafatnya Gesang, seorang tokoh keroncong Indonesia.

Sebenarnya maksud dan tujuan diciptakannya lagu kroncong protol selain menyajikan musik lain daripada yang lain namun juga lebih mengarah dengan keadaan sekarang. Mereka menganggap musik keroncong sekarang ini sudah tidak utuh, mulai terkalahkan dengan budaya luar. Keprihatinan itu menciptakan karya yang apik nan indah untuk diperdengarkan.

Apa jadinya musik keroncong digabungkan dengan pop rock jaman sekarang ? nah, begini nie jadinya. Terbentulah keroncong protol. Siapa bilang kebudayaan tak bisa berbaur dengan globalisasi ? bondan telah membuktikannya. Sebuah perkembangan jaman globalisasi yang diiringi dengan perkembangan budaya daerah. Bagaikan sambil menyelam minum air.

Tidak hanya Bondan, anda pun pasti bisa. Buktikan kepada dunia, bahwa kita bangsa Indonesia bisa tampil 
beda di dunia global dengan budaya bangsa kita. Go Global with Culture.

No comments

Powered by Blogger.