Header Ads

Bahasa Indonesia Go International

Masih ingat nggak isi sumpah pemuda??? Nichh aku kasih liadd!!
Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Setiap warga negara indonesia wajib und musti bisa ngomong pake bahasa yang satu ini nich.
Ada berita nie mengenai bahasa indonesia. Check this out!!!
Bahasa Indonesia sejatinya telah memenuhi persyaratan untuk menjadi bahasa internasional.

Ahli Sastra dan Sosial Budaya Universitas Indonesia (UI) Maman Soetarman Mahayana mengatakan, syarat yang sudah terpenuhi antara lain jumlah penutur Bahasa Indonesia lebih besar ketimbang penutur Bahasa Inggris.

Selain itu, luas penyebaran Bahasa Indonesia sudah merambah ke berbagai negara di dunia dan banyak dipelajari oleh warga negara lain. “Saat ini saja sudah banyak perguruan tinggi di kota-kota besar di banyak negara yang mengajarkan Bahasa Indonesia,” tutur Maman


Tak hanya syarat, desakan dari berbagai negara agar pemerintah Indonesia mendirikan Pusat Pengkajian Bahasa Indonesia di luar negeri, untuk mempermudah mereka belajar Bahasa Indonesia pun terus bergulir.

Konferensi Internasional Liga Universitas Islam II di Institut Studi Islam Darussalam (ISID) beberapa waktu lalu juga merekomendasikan agar Bahasa Indonesia digunakan sebagai salah satu bahasa internasional di negara-negara Islam, selain Bahasa Arab.

Cukup banyak memang dukungan untuk menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional. Yang terbaru, ajakan mendukung harapan ini lewat jejaring sosial Facebook. Tengok saja akun Dukung Bahasa Indonesia jadi Bahasa Internasional.


artikel oleh YB. Nunung Damayanti ( XI IA 6 )

No comments

Powered by Blogger.